marketing urbanisasi

Perputaran dan dinamika kehidupan memang selalu berkembang.Itulah tantagan yang akan dihadapi oleh bangsa ini .Tingkat kebutuhan dan konsumsi yang semakin tinggi memaksa banyak orang rela melaukan apa pun termasuk di dalamnya mengadu nasib agar semua kebutuhan dan konsumsi itu dapat terpenuhi secara maksimal.Bagaimana caranya? Para penduduk atau pun bahkan termasuk saya bisa jadi akan mencari sebuah tempat yang dainggap layak dan potensial untuk memenuhi semua tingkat kebutuhan itu.Jika saya saat ini berada di Yogyakarta ,bukan tak mungkin suatu saat saya akan pindah kota yang jauh lebih besar lagi dengen segenap potensi yang akan saya dapat.Jakarta misalnya.Jakarta adalah kota idola bagi siappun,apa pun bisa didapatkan disana ,semuanya ada disana ,pusat tingkat kebutuhan akan selalu ada di kota ini.Bagaimana dengen kota – kota potensial lainnya ? Surabaya ,Kalimantan Timur adalah daerah yang dianggap sebagai pelarian untuk memenuhi tingkat kebutuhan selanjutnya.Karena disana setiap peluang dan kesempatan ada di sana utnuk memenuihi tingkat kebutuhan tersebut.Tak terelakkan lagi proses perpindahan selalu terjadi ,memanfaatkan sebuah moment dan biasanya moment itu adalah saat seperti ini lebaran.Proses perpindahan ini biasa disebut urbanisasi
Urbanisasi menjadi permasalahan yang kompleks saat ini,tingkat penduduk yang tidak rata di setiap daerah akhirnya tetap membuat kota besar Jakarta selalu dipenuhi sesak Salah satu alasannya adalah lapangan pekerjaan ,Jakarta memang sanggup untuk menampung semua itu ,tapi sekarang bagaimana agar kita bersama – sama berpikir bahwa tidak hanya Jakarta sebagai tempat yang mampu memberikan lapangan pekerjaan.Pemerintah sudah mencoba membuka hal yang baru ,Visit Indonesia 2008 adalah sebuah pengembangan yang mencoba dilakukan oleh pemerintah untuk megurangi tingkat kepadatan penduduk dan arus urbanisasi ke Jakarta.dengan visit Indonesia 2008 yang diharapkan mampu mengembangkan potensi daerah lainnya dengen membuka lapangan kerja baru di sector industri jasa ,hal ini diharapkan akan tercipta pengembangan dan lapangan kerja baru untuk daerah lain selain Jakarta,dan membuat perputaran arus urbanisasi menjadi merata.
Proses marketing yaitu sebuah tindakan promosi terhadap daerah – daerah berpotensi lainnya sebagai peraup hasil untuk memenuhi tingkat kebutuhan perlu dikembangkan .Jika potensi pariwisata melalui visit Indonesia 2008 dianggap belum memberikan hasil yang baik ,maka proses pengalihan industri ,yang dianggap sebagai salah satu kunci sukses untuk memenuhi tingkat kebutuhan bagi individu – individu perlu dikembangkan.Jangan lagi untuk menumpuk dan membangun pabrik atau kantor pusat di Jakarta.Daerah – daerah seperti beberpa kawasan Sumatera yang dianggp potensila seperti Nagroe Aceh Darussalam atau Palembang bisa dijadikan alternatif.atau pun Sulawesi yang masih terjaga kenaturalan alamnya .Proses komunikasi pemasaran yang seperti ini yang mungkin perlu dicoba oleh pemerintah jika memang ingin mengurangi tingkat arus urbanisasi ke Jakarta.Pemerintah setidaknya mampu mengembangkan dan mengajak para pemain di bisnis Industri untuk membangun pusatnya di daerah lain ,selain Jakarta.Secara tidak langsung hal ini bisa berefek pada proyek pengembangan pariwisata Indonesia.
Misalnya saja jika sebuah perusahaan di Indonesia menjalin kerjasama dengan pihak asing.Jika perusahaan tersebut bermarkas di Sulawesi Utara misalnya ,maka si perusahaan pihak asing akan datang ke Sulawesi Selatan.Sembari menjalan kan kegiatan bisnisnya perusahaan asing akan diajak untuk menikmati keindahan pariwisata yang ada di Sulawesi Utara,taman laut Bunaken bisa djadikan sebagai acuan pariwisata di Sulawesi Utara.Jika semua pross berjalan baik ,dari sector bisnis atau pun promosi pariwisata yang dialkuakn secara tidak langsung maka daerah Sulawesi Utara akan menjadi daerah yang siap untuk maju dari segala sisi.Proses perindahan ke Sulawesi Utara pun akan berlangsung dan mampu mengurangi tingkat urbanisasi di Jakarta.Jika semua proses berjalan baik maka pemerintah akan mendapatkan keuntungan .Selain tingkat penduduk yang merata,proyek mempromosikan Indonesia memalui sector pariwisata akan berjalan baik.Pihak asing yang datang secara tidak langsung akan mempromosikan hal ini ke kolega – kolega lainnya melalui word of mouth .Indonesia akan semakin banyak di datangi pihak asing entah itu untuk sekedar berlibur atau pun menjalin kerjasama bisnis di Sulawesi utara.Pendapatan pemerintah bisa bertambah melalui sector ini,bagi perusahaan lokal yang menjalin kerjasama pun bisa terus mendapatkan klien – klien mereka karena harmonisasi setiap faktor akan terjaga dengan baik
Tapi semuanya itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau perusahan bersangkutan yang menjalankan kegiatan bisnisnya.Tapi bagaimana kita secara bersama – sama mampu mengembangkan setiap potensi yang ada di daerah atau pada diri kita sendiri untuk mampu berfikir kreatif “membuka sesuatu hal yang baru” melalui proses komunikasi yang baik untuk mengurangi tingkat arus urbanisasi yang terlalu sering terjadi di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s