Numpang Promo

Selasa malam sekitar jam 9 malam ,berbekal ,suara sayup – sayup syarip yang lagi mainin lagunya saosin dan aerosmith ,gw bersama modem rampasan yang terpasang di computer berencana untuk menggalakkan lagi budaya begadang yang tak kenal lelah yang pernah jadi cerminan diri gw dan pernah “dihina: sebagai bentuk belum sepantasnya . Tapi malam itu harga sebuah kepantasan untuk seorang pecundang kayak gw terbayar lunas ,it’s me,look at me I’m the one ,just the only one ,look at me ………..

Hal yang pertama kali gw buka pas akses adalah g-mail tersayang gw ,nunggu respon dari seseorang ,yang gw pikir nyari masalah dengan gw.Gak usahalah gw sebutin namanya bisa – bisa dia nunutu pembersihan nama pula dengen cara ngundang wartawan buat konfrensi pers ,gw gak punya cukup duit buat bayar wartawan yang dengen basi – basi bilang ,kami tidak menerima imbalan dalam bentuk apa pun

Setelah itu gw buka blog salah satu penerbit yang ada di Yogya ,buat ngeliat hasil apakah tulisan gw masuk buat dijadiin novel.Dan …………………………………………………
Gw bersyukur akhirnya bisa jadi bagian dari novel itu ,gw gak peduli berapa bayarannya aatau royalty ( terlalu jauh mikir ,ke-idiotan gw kambuh ),tapi gw punya kesempatan dan kesempatan itu bsa dipercaya orang lain,buat gw itu dah cukup.Ada 3 tulisan yang gw serahin waktu itu ,tapi yang masuk Cuma 2 ,memang 1 cerita lagi sebenarnya gak terlalu sesuai dengen syarat dari penerbit,tapi buat gw tulisan idealis banget ,bahkan seseorang dari penerbit waktu itu ngasih support keg w buat bikin tulisan dengen “tema” itu.Akhirnya gw bikin,tapi memang itu lebih kepada emosional mungkin.Ya udah lah gak apa-apa.Thank’s for support,believe,trust,respect and appreciate.Tapi lain kali kalau ada kesempatan lagi ,gw gak akan nyia-nyia-in lagi hal itu.

Kalau seorang musisi punya cerita sendiri dibalik lagu yang ia bikin ,gw juga gitu.Tapi apa yang gw lakuin lewat tulisan.Di balik layar yang gw garap bukan pada inti ceritanya,tapi pada bagaimana prosesnya.Kalau soal cerita ,gw jamin itu orisnil banget ,semua pengalaman itu pas gw jadi anak durhaka dulu.

Ok sekarang kita bicara proses.Proses awalnya ,waktu itu kalau gak salah dalam sebuah malist,ada lowongan buat jadi penulis freelance di salah satu penerbit,gw coba ikut,setelah masuk ke websitenya,ternyata ada sebuah kesempatan untuk bikin tulisan jadi novel tentang hal yang konyol dalam kehidupan kencan dan pas masih berada di sekolah.Hal konyol di sekolah itu pilihan gw yang pertama.Karena pas lagi kencan ,gw lagi gak begitu antusias nulisnya waktu itu ,kondisi gw remuk abisssss,kalau terhitung dari tanggal sekarang gw nulis ini ,kejadian semuanya secara keseluruhan dah 2 atau 3 bulan ini lah.Banyak hal konyol yang gw lakuin pas masih sekolah apalagi pas waktu smu.Tapi gw milih 2 aja ,sisanya gak baik buat dibaca,gw takutnya ada beberapa orang yang akhirnya bisa terinspirasi dengen kisah nyata ini dan ikut-ikutan ,bahaya ,selamatkan generasi muda kita .( sok bijak ) .

Ceritanya gw garap pas lagi bulan puasa ,sebelum sakit semi parah mulai melanda gw.Kalau gak salah sekitar satu setengah atau 2 hari gw garap tulisan ini tanpa tidur ,sumpah !!!!.Beebekal kondisi yang amat remuk saat itu gw mencoba mengalihkan pikiran ke hal lain ,tapi tetap aja gak bisa ngelupain hal yang remuk itu.Dari sinilah awalnya anak – anak kos udah mulai pada ngeliat gw beda mungkin.Sangat pendiem banget ,selalu nutup pintu kamar dan elbih memilih buat sendiri.Itulah hal men-cerewetkan samapai detik gw nulis ini .Woi kawan – kawan kost ,I’m ok .

Kondisi remuk plus pikiran yang kacau ,kuliah yang dah malas akibat skripsi dah diuji ,itulah seberapa komplikasinya gw saat itu ,sebelum komplikasi yang benar- benar nyata akhirnya terjadi juga.

Hal ini dibarengin pula dengen yang namanya gw buka puasa lebih awal di jalan,sekitar jam 11 atau 12 siang saat itu ,alhasil gw pun jadi kayak anak – anak l yang kalau bisa puasa selama setengah ari akan dapat hadiah pas hari lebaran.Waktu itu emang gw gak bawa motor ,pertama motor memang gak ada yang lagi nganggur ,yang kedua gw Cuma pengen jalan dan gak pernah peduli dengen yang namanya snar matahari yang waktu itu bikin orang ngeluh ,wah global warming!!!!!!.Daerah tempatnya gw kenal,tapi waktu itu pas ngedaftar jadi copywriter di salah satu agency ,tapi begitu nyari nih alamt penerbit ,susah banget,emang seh kompleks kantor gitu ,tapi tetep aja ,gw muter – muter karena begitu ngeliat dari luarnya ada sekitar 3 penerbit yang bermarkas disana .Gw binggung yang mana ya ? Aloamat gw gak tau ,gw gak bawa hp waktu itu kecuali yang cdma ,nah disana memorynya udah full ,jadi ya……………….

Berbekal muka gak tau malu gw masuk ke salah satu kantor dan nanyain …… ya ? Seorang mbak – mbak ,dan mbak itu bilang kalau gak salah “ oh ya ,ada yang bisa dibantu “? Gw jawab “ mau ngirim tulisan mbak “ ,untuk ini …………..,mbaknya bilang: “oh ya silakan masuk “..Lalu gw dajak ke sebuah ruangan ,yang kayaknya ruangan meeting gitu ,dan disana sudah ada berpuluh – pulh buku yang terpajang ,dang w ngeliat buku pelajaran kalau gak salah ,trus gw tanya “ kosentrasi sama buku – buku pelajaran buat sekolah ya mbak ? “ si mbak bilang : Gak juga .Setelah itu ngobrol – ngborol aja,si mbak nanya “ mas puasa “ ? gw bilang “ gak “.Mau minum ,ntar saya bikin sebentar “wah gak usah repot – repot mbak ( padahal sebenarnya gw dah minum es teh sama makan nasi telor di warung dekat kantor penerbit itu.).Akhirnya cerita –cerita,dari apa yang gw tangkap selama pembicaarn itu ,ini adalah interview secara tidak langsung ,bahkan ia ngasih support keg w tuk terus ngasilin tulisan ,termasuk cerita tentang kencan gokil ,mbaknya bilang gini “ kalau dilihat dari wajahnya mas lagi gimaan gitu………….. ………pastilah punya cerita tentang itu “ .Gw Cuma tersenyum pahit,kencan atau cinta buat gw adalah sakit.

( Untuk semua dialog yang terjadi antara gw dan si mbak dari penerbitu itu bukanlah sebuah bahasa yang baik,soalnya juju aja gw dah lupa ngobrolin apa aja  )

Akhirnya setelah semuanya itu gw pulang dan berharap ceirta dari si idiot ini bisa di erima dan meramaikan persaingan kompetisi antara oraing idiot . Nyampe di kos gw berpikir keras tentang ceita kencan gokil ,di satu sisi gw lagi remuk soal itu,di satu sisi dimana gw bisa ngelampiasin semuanya itu . Dan dengen support dari mbak si penerbit itu dan sisi idealis gw garap tulisan itu ,ceirtanya kalau buat gw gak ada gokil dan konyol sama sekali,tapi ini ceira sedih dan cerita itu gw kasih title “ bukan cinta konyol “.2 hari kemudia gw kirim via e-mail ,gw pun sadar cerita ini gak bakalan masuk ,dan emang cerita ini gak masuk karena ceritanya terlalu orisinil ,karakter tokohnya benar – benar ada ,dan yang pasti cerita ini bukan sebuah ke-gokilan ( untung gak masuk ).Tapi gw sempat berkreativitas melalui batas normal sebuah tumbuh-tumbuhan bahwa ,kalau seandaniay pihak penerbit nanyain ke gw : mas kok masukin tulisan ini “? ,ini bukan cerita konyol “!!!,apa yang membuat anda yakin ,tulisan ini bakal masuk “ ? Gw akan jawab karena cerita ini bukan konyol dan gokil ,jadi lebih kepada penulisnya aja yang konyol dan gokil ,”dah tau cerita ini bukan gokil tapi tetap aja dimasukin ,gokil kan ?” ( itu mah namanya botot alias bodoh total dari seorang Andi  )

Sejak itu gw harus nunggu sampe 1 bulan biar bisa ketahuan siapa aja yang tulisannya masuk ,dan ya itu……… kemaren malam gw buka web dan blognya ,nama gw syukur ada disana .Terima kasih banyak semuanya.Oh ya kalau penerbitnya butuh seorang desaigner yang gak bisa nge-desain gw daftar deh .

Ucapan terima kasih kepada :

Komputer gw.
Modem antah berantah yang bikin boros
Kopi – kopi
Rokok
Guling gw ya gudah bau banget.
Kamar gw yang selalu dprotes ,karena desain dan lay-outnya berantakan.
Anak – anak kost yang tiap malam nayanyiin lagu samsons ,ah damn !!!! I ….
Teh hangat yang biking w selalu kangen sama Ibunda tercinta.
Handphone yang waktu dalam penulisan cerita buat penerbit ini gak pernah gw balas sms dan telponnya.
Angkringan Ibu mus yang selalu nemenin gw diawal berbuka puasa ( meskpun gak puasa)
Semua lagu yang ada di daftar playlist winamp gw yang tiada henti nemenin gw dalam berkarya dan ………
Orang – orang yang dah bikin gw remuk ,gw gak akan pernah ngucapin terima kasih buat kalian semua .

Danke all ,see u in the next story

Satu tanggapan untuk “Numpang Promo

Tinggalkan Balasan

