Dear telkomsel

Dear telkomsel.

Saya mau curhat. Kenapa beberapa waktu belakangan ini sinyal yang anda tawarkan pada pelanggan anda tidak begitu baik. Seringkali sinyal yang tersia hanya ada 1 atau 2 saja. Padahal saya tinggal di tempat yang jangkauan sinyalnya baik. Selain itu anda sering menawarkan promosi kontent-kontent ringtone yang seakan memaksa konsumen untuk mengikuti program-program anda.

Belum lagi prmosi – promosi seperti berikut ini di setiap kali saya melakukan pengisian pulsa :

“ Selamat anda pelanggan yang terpilih untuk mendapatkan 1 ksmptn pertama untuk raih Honda tiger dengan Rp. 550 rb dengan total hadiah…. Bla….bla…”
Atau

“Dapakan ringtone khusus…. Bla…bla…bla…”

Sebenarnya sah-sah saja Telkomsel mengadakan promosi konten-konten seperti ini. Tapi buat menjangkau konsumen, jangan terlalu mengeneralkan setiap konsumen. Peta konsumen tentunya sudah di buat dalam bentuk Segmenting, Targeting dan positioning. Dan buat saya tentunya pihak telkomsel tentunya sudah punya strategi yang matang soal begini. Tapi apakah pihak telkomsel pernah kepikiran ada beberapa konsumen yang tidak setuju dengan semuanya ini?.
Contohnya saya. Seakan-akan telkomsel “memaksa” konsumennya untuk mengikuti program ini. Hal ini terjadi di setiap kali saya melakukan pengisian ulang pulsa. Sms dengan tipe seprti ini sering masuk je ponsel saya.

“ Selamat anda pelanggan yang terpilih untuk mendapatkan 1 ksmptn pertama untuk raih Honda tiger dengan Rp. 550 rb dengan total hadiah…. Bla….bla…”

Tapi tindakan prmosi yang berlebihan terkadang akan membuat sebagian konsumen menjadi tidak nyaman. Penilaian sebuah produk menurut saya adalah dengan menempatkan beberapa variable diantaranya akses, kompetensi, keramahtamahan, responsif, kecepatan dan keamanan.
Akses misalnya. Beberapa kali akses dari telkomsel mengecewakan saya, seperti terkadang sinyal yang kadang-kadang mandek dan mungkin ini dirasakan puluhan juta pengguna telkomsel lainnya di Indonesia.

Mungkin variable-variabel service quality lainnya yang kiranya perlu dipertahankan. Hal ini tentunya untuk mempertahankan dan menggaet loyalitas konsumen yang selama ini sudah terjaga, atau juga untuk mendapatkan market baru.

Sedangkan untuk content yang ditawarkan mungkin ini adalah hak telkomsel, tapi pertimbangkan juga beberapa aspek psikologis dan perilaku konsumen yang terkadang tidak nyaman dengan hal-hal seperti itu.

Sekian saja. Trim’s.

4 tanggapan untuk “Dear telkomsel

    1. Mungkin itu hanya bagian dari kegiatan promosi mereka. Di satu sisi itu hal yang wajar. Tapi di satu sisi kan gak semua konsumen juga merasa nyaman dengan hal yang seprti kamu sebutkan tadi kan.
      Begitu juga saya… hehe
      🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

