E-mail penipu(an)

Sebenarnya ini bukan barang baru lagi. Berkali-kali e-mail seperti ini mendarat di inbox saya. Tapi biasanya pake bahasa Inggris. Kali ini mereka mencoba menggunakan bahasa Indonesia.

Seperti inilah e-mailnya :

“Pertama kali saya lihat profile anda,saya berharap saya telah
menemukan orang yg tepat untuk membuka rahasia saya kepada anda.
Yang saya ingin beritahukan ini bukanlah main-main dan sangat penting.
Saya asli dari sumatera,indonesia dan saya tinggal di london dengan
Alm.suami saya,tp beliau telah meningal dunia 3 bulan yg lalu.
Sebelum meninggal dunia,beliau mempunyai rencana untuk datang ke
indonesia dan berinvestasi.

Beliau sudah berencana bersama diplomat untuk membawa dana ini ke indonesia.
Tapi berhubung dana terlalubesar,kemungkinan untuk pengiriman via transfer sangat
kecil karenapemerintah disini akan menanyakan kemana dan untuk apa dana itu di
kirim.Jumlah dana yg beliau miliki sebesar 5.500.000 us$

Berikut adalah beberapa hal yang saya butuhkan dari anda.

1.saya ingin anda menerima dana ini pada saat diplomat datang ke
indonesia untuk menyerahkan dana tersebut.

2.anda harus menjaga rahasia ini.karena saya tidak suka jika ada
beberapa pihak lagi yang mengetahui datangnya dana ini ke indonesia.
tadinya saya menginginkan orang tua(Ibu) saya untuk melakukan hal
ini,tetapi beliau terkena bencana gempa di kampung saya tempo
hari.sedangkan ayah saya sudah berpulang terlebih dahulu,1 tahun lalu.

Saya berharap anda bisa melakukan hal ini,untuk saya.
saya minta supaya anda bisa menjaga dana ini hingga saya tiba di tanah
air.Dan saya akan memberikan 20% dari total dana tersebut untuk anda
karena anda telah bersedia menjaga dana tersebut untuk saya.

Ini adalah no.tlp saya +447035928792 .saya berharap kita akan bisa
berkomunikasi lebih lanjut.Saya juga menginginkan beberapa data
anda,seperti nama:
alamat:
umur
telepon:
perkerjaan

Dan foto copy ktp atau passpor, sehingga sang
diplomat/kurir dapat mengirimkan paket ini ke alamat yang dituju
dengan tidak adanya kesalahan pengiriman.Saya pun menginginkan anda
tidak memberitahukan kepada orang kiriman saya isi dari paket
tersebut.

Jika ada hal yang kurang anda mengerti anda bisa menanyakannya kepada saya.terima
kasih sebelumnya dan kabari saya secepatnya.

salam,
Rose Y. Suleman
Harap jangan membalas email ini ke alamat ini, tetapi hubungi saya langsung ke email privat saya di
roseyb2010@yahoo.co.uk

Yg menjadi pertanyaan :

a. Situ dapet profile saya dari mana?
b. Perhatikan pernyataan berikut ini
“2.anda harus menjaga rahasia ini.karena saya tidak suka jika ada
beberapa pihak lagi yang mengetahui datangnya dana ini ke indonesia.
tadinya saya menginginkan orang tua(Ibu) saya untuk melakukan hal
ini,tetapi beliau terkena bencana gempa di kampung saya tempo
hari.sedangkan ayah saya sudah berpulang terlebih dahulu,1 tahun lalu.”

Setau saya tidak ada gempa besar tempo hari. Setahu saya hampir setahun yang lalu ada gempa besar di Padang.

Lalu saya berimajinasi, jika suami dari Ibuk yang mengirimkan e-mail ini adalah diplomat. Berarti saya ada di dunia “mata-mata”?.

Beberapa hari yang lalu, saya juga mendapatkan sebuah sms dari Perusahaan jamu. Mereka mengatakan, kalau saya mendapat hadiah dan bla…bla..

Lha wong saya aja gak pernah, beli jamu, minum jamu!, dan jamu-jamu lainnya.

Wahai para penipu ( menurut saya), saya mungkin memang bodoh, tapi saya gak gampang di bodoh-bodohin!.

Hati-hati ya, kalau pada mau ngeliat e-mail atau sms-sms yang berbau hadiah, atau imbalan.

8 tanggapan untuk “E-mail penipu(an)

  1. halah, gak usah dianggep lah.. jaman sekarang penipu itu pinter-pinter..
    ada sekolah penipu kali yah? jadi, kita musti pinter-pinteran sama penipu deh..

    oh ya, maap lahir batin yah.. (aku lupa udah ngucapin belom, sih?) maklum, udah uzur dan maap klo telat ucapinnya.. hehe..😛

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s