Komunitas itu Penting!

Komunitas itu memang penting sekarang ini. Dengan kepandaian merangkul komunitas apa apun itu jadi mudah. Mau tau salah satu contohnya?. Slank band papan atas Indonesia yang tetap eksis dikala musik mainstream semakin menjamur di Indonesia bekerjasama dengan pengembang teknologi.

Dimana pun konsernya apa pun bandnya Slank tetap mendominasi melalui benderanya dan slankers (sebutan untuk penggemar Slank). Pengembang teknologi memanfaatkan momentum ini dengan menggaet Slank sebagai ikon game.

Dilansir dari rilis resminya Slank, sebagai selebriti yang menggunakan mig33 sebuah aplikasi social medianya, bekerja sama dengan tim kreatif The Mobile Gamer yang juga menciptakan permainan Monster Fight. Konsepnya adalah untuk menciptakan permainan yang menarik di mana seluruh personil band memiliki kekuatan khusus untuk menyelamatkan Pulau Biru dari orang-orang jahat dan koruptor. “Ini adalah hal yang baru untuk Slank, dan kami sangat senang dapat memberikan sesuatu yang unik kepada Slanker di dalam mig33 untuk meningkatkan kedekatan kami dengan mereka,”ujar Abdee Negara, gitaris Slank.

Bukan hanya sebuah akun yang resmi di miniblog mig33 dengan nama @slankband dan permainan SuperSlank, mig33 juga mengembangkan beberapa barang Virtual, mulai dari Virtual Gifts, avatar dan badge untuk para Slanker. “Sampai hari ini kami punya Sendal jepitnya bimbim, Kacamata hitamnya Abdee, Bassnya Ivanka, Ikannya Kaka dan Gitarnya Ridho, yang belakangan ini sangat digemari oleh para pengguna mig33, yang tidak hanya di Indonesia saja,”jelas Kiki Rizki, mig33 Country Manager untuk Indonesia.

“Masih banyak lagi yang lebih menarik dari kolaborasi mig33 dengan Slank. Kita tunggu saja,”tambah Rizki.

Satu kecerdasan luar biasa buat saya dengan menggaet Slank sebagai ikon yang mampu mengumpulkan komunitas musik menjadi satu, meskipun jaman di industri musik sendiri berubah.

Komunitas memang penting untuk menggaet massa yang lebih banyak dan menjalankan sebuah program marketing dan menarik perhatian banyak orang.

Sederhananya saja, ada sebuah media yang punya forum, tapi forumnya gak pernah jalan, otomatis media tersebut hanya akan berada di kalangan terbatas saja. Ironisnya lagi media tersebut menginginkan hal yang perfect seperti banyak yang melihat medianya.

Ada pula media yang terpaksa membeli follower lewat jejaring social media Twitter, dengan alasan suapaya pertumbuhan media bagus jika dilihat dari social media.

Bagaimanapun juga komunitas social media yang hanya sliweran di dunia maya tidak akan tumbuh dan berkembang. Salah satu faktor yang membuat sesuatu bisa jadi berkembang adalah lingkungan. Jika lingkungan hanya dibatasi dengan dunia maya, apakah seseorang atau sekelompok orang tidak akan berkembang.

Tak jarang kita melihat berbagai orang-orang yang tergabung di komunitas melalui social media, sesekali melakukan kopdar (kopi darat), dimana ada sebuah ajang pertemuan, yang bisa menyatukan mereka dan bahkan lebih berkembang, sehingga sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas itu menjadi berkembang.

Ah, andai saja ada orang cerdas yang memang mengerti akan hal ini, perkembangna pun akan menjadi seru, persaingan yang benar-benar kompetitif antara komunitas bisa menuai hasil yang positif tentunya.

2 tanggapan untuk “Komunitas itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s