Hati-hati di Dunia Online

Ini nih, giliran gadget baru nongol, semuanya pada langsung heboh. Yang paling anyar iPad terbaru atau bahasa orang-orang sananya New iPad.

Nah, karena di Indonesia ini suka yang gretongan, dan hobinya bermain internet plus suka kuis-kuis, scammers pun turut menyambar kesempatan ini dengan memanfaatkan peluncurannya untuk melakukan jebakan di media sosial.

Salah satunya ya itu tadi New iPad. Trend Micro, perusahaan yang menganalisis tentang scam, baru-baru ini, telah mencatat beberapa posting di Facebook yang meng-klaim mereka akan memberikan “iPad baru” bagi pengguna yang beruntung.

Lewat Facebook mereka memposting klan-iklan itu untuk meningkatkan poin mereka sebagai pengarah dan meningkatkan kesempatan untuk memenangkan “item” tertentu. Setelah pengguna meng-klik link tersebut mereka akan megunjungi sebuah situs yang meminta pengguna memasukkan alamat email.

Dari info rilisnya sih untuk meyakinkan pengguna, halaman tersebut menginformasikan bahwa hanya ada 2 sisa tempat yang tersisa. Setelah pengguna memberikan alamat email, pengguna kemudian diarahkan ke dalam sebuah halaman yang memperlihatkan bagaimana mekanisme kontes ini berjalan. Mereka juga meminta pengguna untuk:
• memposting kembali link tersebut ke banyak jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instant Messenger lainnya
• Menyalin link tersebut ke dalam blog pengguna
Semua itu dilakukan sebagai bagian dari penentuan pemenang. Nah, dengan melakukan instruksi ini, tanpa disadari pengguna telah melakukan phishing, pada gilirannya menjadi spammer sendiri.
“Kepentingan umum di media sosial menjadi alat yang ampuh bagi kejahatan cyber masuk ke dalamnya, dan mereka telah berulang kali menarik keuntungan di sini.” Ujar Myla Pilao, Director dari Trend Labs.

“Karenanya pengguna harus selalu cerdas tentang hal-hal yang mereka temui di online.” ujar Myla.

Nah, ini ni, para kuis hunter atau siapa pun, pastinya harus bisa memang dengna cerdas mengelola dunia mayanya dengan baik. Jangan sampai ya, dunia nyata berantakan, tambah berantakan lagi di dunia maya ( #sekedarusul).

Ya, kalau tidak mau dirugikan, mungkin bagi kamu yang kuis hunter ini bisa tanya ke masing-masing pihak terkait, beneran bikin kuis atau gak.

Tapi kalau kamu nanya, gimana cara dan proses bikin kuisnya, ya pastilah penyelenggara kuis gak bakalan ngasih tau😛

Hayyya sudah, hati-hati di dunia online lah yak.

2 tanggapan untuk “Hati-hati di Dunia Online

  1. Seorang teman di whatssapp bertanya :”da modem apa yang ndak lemot?”. Modem kok lemot toh.. -_____- 10 hours ago
    *mesem mesem*😛

    hati-hati di dunia online —- waspadalahhh waspadalahhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s