Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android

Smartphone dengan sistem operasi Android memang semakin banyak belakangan ini. Tapi masih ada sebagan penggunanya yang masih belum memahami tentang keamanan aplikasi di Google Play milik Android.

Menariknya, banyak aplikasi Android yang gratis, tapi masih ada sebagian pengguna menggunakan aplikasi gratis yang bisa merusak sistem keamananan Android itu sendiri.

Misalnya game populer Angry Birds yang ternyata ada yang palsu, dan memiliki banyak iklan. Google sendiri memang sudah mencabut game palsu Angry Birds.

Nah, beberapa waktu yang lalu, Norton yang biasa kita kenal sebagai salah satu produk pembuat antivirus memberikan beberapa tipsnya bagaimana untuk menjaga perangkat smartphone atau tablet Android kamu bisa lebih terjaga dari aplikasi-aplikasi ‘aneh’ di Google Play :

1. Cobalah berhati-hati terhadap aplikasi situs mobile yang dipenuhi oleh iklan. Situs seperti Facebook dan Twitter memiliki versi yang sudah dioptimalkan untuk mobile, tapi ada kemungkinan juga situs seperti Facebook dan Twitter mungkin sudah dimasuki spam. Tapi yang perlu kamu waspadai adalah berhati-hati terhadap aplikasi gratis yang memiliki banyak iklan.

2 Di Google Play biasanya ada kontent nilai atau review yang sudah dibuat oleh pengguna lain yang sudah pernah mendownload aplikasi tersebut. Bagi kamu yang ingin mendownload sebuah aplikasi, bisa melihatnya terlebih dahulu dan bisa menjadi referensi.

3. Pastikan kamu selalu mengikuti perkembangan aplikasi dari website pembuatnya. Salah satu cara terbaik untuk mengetahuiya adalah dengan mengirim e-mail atau men-Tweet kepada perusahaan yang membuat aplikasi tersebut. Bagi pengguna Android, kamu bisa menceknya di “visit developer site” di Google Play.

4. Cobalah untuk melakukan pengecekan pada profil dari developer atau pembuat aplikasi. Terutama, kamu bisa melihat aplikasi yang memiliki tanda “pilihan editor” pada aplikasi tersebut. Tujuannya supaya ketika mau mendownload sebuah aplikasi, aplikasi tersebut aman saat digunakan dan tidak menccuri data atau bisa menambah virus pada pernagkat smarpthone Android kamu.

Well, sekian tips dari Norton yang saya coba bagikan kepada pengguna Android, dan semoga bisa berguna bagi kita semua. Atau, kamu punya cara tips-tips sendiri berdasarkan pengalaman yang kamu miliki?. Monggo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s