Berani Mengubah Itu Seperti ini

Pernah ingin berubah dari masa lalu yang kurang baik, menjadi masa depan yang lebih baik. Tidak mudah memang.

Butuh lebih dari sekedar niat, rencana, keinginan atau dukungan dari orang lain untuk berubah.

Tapi berani merubah yang ini boleh dijadikan sebagai sebuah acuan. Operasi semut ini misalnya.

Mereka punya misi untuk merubah tatanan lingkungan yang dipenuhi sampah agar menjadi lebih bersih lagi dengan membersihkan sampah-sampah yang ada bunderan HI.

Operasi semut melakukannya lagi pada hari minggu 28 Oktober 2012 bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yang lalu.

Berani mengubah yang tidak hanya sekedar wacana, bukan sekedar omongan basa-basi dan berbagai alasan-alasan lainnya. Tapi berani mengubah yang benar-benar dilakukan dengan tindakan.

Satu hal yang cukup menyentil saya sebenarnya. Mereka ini benar-benar niat berubah, kenapa saya tidak bisa.

Contoh paing sederhana, saya ingin berhenti merokok, merubah kehidupan saya dan kesehatan secara pribadi. Tapi tidak pernah benar-benar terwujud.

Haruskah saya bergabung dengan komunitas anti rokok?, atau cari cewek yang benci cowok perokok dan kemudian saya pacarin biar saya berhenti merokok?.

Ternyata enggak juga.

Berani merubah adalah berani mengambil keputusan dan tidak hanya berada di zona nyaman tertentu dan yang paling terpenting adalah berani melakukannya. Mengsinkronisasikan antara hati, pikiran dan muut agar seiya sekata.

Jujur, saya masih sering membuang sampah sembarangan. Setidaknya dengan mengkuti kegiatan operasi semut dengan semangat berani mengubah, membuat saya sadar, ternyata membuat sampah itu mudah, membersihkannya cukup sulit.

Kegiatan saya yang mengikuti kegiatan operasi semut misalnya, membersihkan halaman sekitar kolam Bunderan HI.

Ternyata banyak sampahnya, dan membuat saya geleng-geleng kepala.

Tau sulitnya “membersihkan sesuatu yang kotor” membuat saya sadar, berubah untuk “membersihkan sesuatu yang kotor” itu ternyata butuh lebih dari sebuah niat atau sekedar eksis

Berani merubah adalah berani meyakinkan diri sendiri bahwa hal yang akan dirubah menjadi kenyataan dengan bergerak, dan bukan sekedar berceramah atau pidato.

Sekarang, ceritanya bukan hanya sekedar sampah. Tapi ada banyak hal yang berubah dan bisa diubah, untuk hasil yang lebih baik

Kamu, berani berubah?

Note : Jika ingin merubah, rubahlah dengan cinta. Bukan perang

*sebuah quote dari film pendek Coca-Cola*

Tinggalkan Balasan

