Simbol

Simbol. Masih ada yang percaya simbol?. Saya termasuk tidak percaya. Karena simbol hanya bagian dari kamuflase seseorang atau sekelompok seseorang. Simbol tidak selalu baik dan punya banyak makna yang diterjemahkan secara berbeda bagi sebagian orang.

Tahun 2012 saya melihat beberapa orang menjadikan sesuatu, seseorang atau sekelompok orang sebagai simbol untuk membuat perubahan. Perubahan negatif atau positif?. Saya tidak tau?. Tapi tetap saja sebagai sebuah gerakan.

Buat saya inilah simbol di tahun 2012.

1. KPK. Sebagai sebuah lembaga istimewa yang dibuat untuk mencegah dan memberantas korupsi yang begitu dibenci oleh orang yang mengklaim bahwa mereka tidak pernah korupsi.

KPK dijadikan simbol untuk pemberantasan korupsi. KPK adalah bagian dari jalur kebenaran. Apakah KPK tidak pernah punya salah?. KPK dibuat dan berisikan manusia-manusia yang tidak luput dari kesalahan dan diterjemahkan dalam undang-undang. KPK Tidak pernah berbuat kesalahan? Yakin?

2. Lionel Messi. Rekor. Ini yang menjadi gambaran apa yang dilakukan Leo Messi sepanjang tahun 2012. Namnya tidak pernah berhenti disebut setiap hari. Baik sebagai pribadi seorang pesepakbola atau juga seorang pribadi di luar sepakbola.

Messi jadi simbol dan tolak ukur bagaimana seorang pesepakbola di tahun 2012. Masih jadi simbol di tahun 20113 nanti Messi?.

3. K-Pop. Saya tidak paham dengan dunia ini, tapi dari sisi simbol K-pop memang benar-benar sudah jadi simbol dan bagian baru dari industri musik dunia dan masuk ke Indonesia. SNSD saja pernah saya anggap dari Korea Selatan (ternyata dari Jepang).

Ā 

,

Sumber gambar : dreamersradio.com

Keahlian PSY dengan Gangnam Style sudah membuktikannya. Meskipun bosan cuma itu-itu doang PSY sudah menjad bagian dari simbol bahwa K-Pop menjadi simbol baru dalam dunia hiburan.

4. Wi-Fi. Yang satu ini juga sudah jadi simbol bagi peradaban manusia di era sekarang. Tidak jarang saya melihat teman-teman yang sudah punya paket data sendiri di perangkat gadget mereka tetap menggunakan layanan Wi-Fi gratis ang ada di beberapa tempat.

Halte busway, taman, bahkan bus Damri dari Gambir menuju Soetta sudah dilengkapi Wi-Fi gratis. Meskipun …

a. Wi-Finya ngehek
b. Karena Wi-Fi gratis ini digarap oleh beberapa operator tertentu, jadi tidak semua pengguna gadget dengan operator berbeda bisa menikmatinya.

Bagaimana dengan tahun 2013. Wi-Fi diraml akan kembali merajalela. Efeknya bisa saja dua prang yang lagi pacaran lebih asik dengan gadet mereka ketimbang membina hubungan mereka sesama manusia. (Saya sudah menemukan kejadian ini empat kali!)

5. Demonstrasi. Demonstrasi adalah bagian dari bagian dari demokrasi dan menjadi bagian dari simbol demokrasi Indonesia. Tapi tidak semua demonstrasi menjadi bagian dari simbol demokrasi. Ya gak tuh?

Dan hari in iada yang sedikit kacau karena DemosntrasišŸ˜›

6. Rusuh dan berantem. Hal ini seakan menjadi bagian dari simbol ketika tidak tercapai sebuah kesepakatan dri sebuah perbedaan. Saling pukul, lempar batu, bakar-bakaran, pembubuhan, hingga pembataian.

Kalau hal seperti ini masi dipertahankan jangan tersinggung kalau sebagian dari peakukanya dibilang bagian dari zaman Jahilliyah yang hidup di era modern sekarang.

7. Android adalah simbol bagi teknologi di tahun 2012. Ada yang bilang, tahun 2012 adalah tahunnya Android. Data terakhir yang saya dapat, sudah hampir 250 juta pengguna ponsel di Indonesia (silahkan dikoreksi jika saya salah). Artinya ada seseorang dengan dua ponsel.

Kenyataan dari apa yang saya lihat adalah benar adanya. BlackBerry yang dulu populer kini mulai tergeser. Fakta yang saya liat, setiap orang punya BlackBerry dan mesti punya satu perangkat Android.

Harga yang cukup terjangkau, fungsi Apps dan Games yang gratis, bisa dioprek-oprek dalemannya dan lain-lain menjadi pertimbangannya.

Data terakhir yang saya peroleh penjualan Android meningkat. Puncakna salah satu produsen asal Korea Selatan yang menjaid bagian dari Android berada di puncak pertama sebagai produsen terbaik dunia.

8. Carut marut sepakbola Indonesia. Puncak carut marut ini adalah meninggalnya pemain asing yang bermain di Liga Indonesia, (Alm) Diego Mendieta. Sepakbola Indonesia yang kacau menjadi simbol buruknya setiap sisi yang sedang dibangun. Liga terpecah dua karena ego bodoh para pemimpin yang tidak seimbang dengna kata-kata yang mereka ucapkan.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 gagal total!. Boleh saja berbangga dengan timnas junior yang sudah mencatat prestasi yang lumayan. Tapi kalau para junior ini dibesarkan dalam lingkungan yang carut marut? Hasilnya sama saja!

Upaya penyatuan dualisme liga pada tahun 2014? Kenapa harus tahun 2014. Nunggu siapa yang berkuasa di negri ini? Faktor politik? Siapa pun gak bisa lepas dari politik. Sebenci apa pun atau sesering apapun kita menyebut politik itu busuk kita tetap berada dan menjadi bagian dari lingkarang politik. Tidak percaya?. Review diri kita masing-masing deh.

Tapi sepakbola bukanlah politik. Contoh nyata adalah, Silvio Berlusconi (Presiden Ac Milan disaat yang bersamaan menjadi Perdana Mentri Italia) Liat hasilnya?. Milan berantakan dan negara Italia yang dikomandoinya pun berantakan.

So, carut marut sepakbola Indonesia merupakan simbol dari keegoisan dua belahpihak yang tidak mau disalahkan sama sekali, Yes?

9. Jum’at Keramat. Sempat disebut sebagai kedigdayaan KPK’ karena disetiap hari Jum’at KPK biasanya nagkap orang-orang yang sudah diduga dan terdakwa berdasarkan putusan dan penyelidikan KPK. Tapi ternyata simbol hari Jum’at sebagai hari untuk menangkap koruptor terbantahkanĀ  ketika Irjen Djoko Susanto (terdakwa kasus simulator SIM ) ditangkap hari senin.

10. “Simbol Bisnis.” Berbagai macam perusahaan berusaha menjaga eksistensi mereka dengan bekerjasama dengan perusahaan lain. Mau tidak mau. Tidak jarang ketika melihat sebuah produk menjaga eksistensinya dengan perusahaan lain. Negara Eropa misalnya yang paling banyak.

Bergandengan tangan satu sama lain. Dalam dunia bisnis ini memang tidak langka. Tapi akhir-akhir ini saya ngerasa banyak banget sih yang join-joinan gitu. Asal jangan bunuh-bunuhan dalam bisnis aja.šŸ˜›

11. Keyboard dengan tipe yang lebih nyaman. Apple dengan Macbooknya menyediakan bentuk desain keyboard yang jaraknya cukup jauh sehingga diklaim nyaman saat mengetik. Simbol ini yang coba diadopsi oleh perusahaan lain. Hampir semua produk selain Apple menyediakan desain keyboard seperti halnya Macbook.

12. 12-12-2012 dan 20-12-2012 adalah simbol yang sering diartikan banyak hal oleh sebagian orang. Mulai dari yang paling serius, hingga cuma buat lucu-lucuan. Prediksi kiamat misalnya. Selain itu ada juga dua film Indonesia yang dikenalkan pada dua tanggal yang disebutkan tadi.

Berartikah simbol dalam kehidupan kamu sebagai bentuk aktualisasi diri.?

Christian Bale dalam film Batman Returns pernah bilang begini. People need dramatic examples to shake them out of apathy and I can’t do that as Bruce Wayne. As a man I’m flesh and blood. I can be ignored. I can be destroyed. But as a symbol … as a symbol I can be incorruptible. I can be everlasting.”

Apa simbol mu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s