Mlaku-mlaku

Mlaku-mlaku bahasa Jawa. Kalau di Indonesiakan artinya jalan-jalan. Itulah yang terjadi. Dua hari tiga kota. Jakarta-Bogor-Bandung-Jakarta lagi. Jadi gini….

*ini bukan liburan, sekedar jalan-jalan. Kalau liburan nginap di hotel atau dimana gitulah, beli oleh-oleh dan lain-lain. Ini hanya sekedar jalan-jalan*

Awalnya dimulai dari teman-teman street yang lagi hunting foto dengan tema kereta api dari stasiun Manggarai ke Bogor pada hari minggu pagi. Jadwa ngumpulnya jam 6 pagi. Tapi saya telat bangun dan berangkat jam 9 pagi. Alhasil, saya tetap berangkat ke Bogor, tapi dengan tujuan ke makam bapak dan rumah Bude.

Berbekal tiket Rp.9.000, saya berangkat dari stasiun Manggarai ke Bogor. Tiba di stasiun Depok, saya ganti kereta. Tapi disinilah semua mlaku-mlaku ini dimulai. Secara kebetulan, saya bertemu dengan salah satu punggawa Streetbandito. Dan akhirnya kami sepakat untuk bertemu di stasiun Bogor, bersama punggawa Streetbanditos yang lain.

Dasar sial, baterai habis, jadinya tidak terlalu banyak motret di sepanjang perjalanan Manggarai-Bogor. Tapi setelah bertemu dengan teman-teman dari Streetbanditos lainnya, kami pun masih mengambil foto yang terjadi di sekitaran jalanan stasiun Bogor. Dengan kondisi baterai yang sudah sedikit, saya jepret sana-sini.

Perjalanan dengan teman-teman Streetbanditos berakhir sekitara setengah dua siang. Mereka pulang ke Jakarta, dan saya tetap di Bogor untuk mampir ke makam bapak dan menginap semalam di rumah Bude.

Tapi rasanya kurang lengkap gitu. Udah fotonya dikit, masa ya begini-begini aja. Akhirnya saya berencana untuk senin paginya ke Bandung. Langusng menuju terminal baranangsiang dengan angkot 09 dari rumah bude di warung jambu.

Berdasarkan review beberapa blog yang saya baca, teman-teman ter di blog tersebut menulis beberapa langkah dari terminal baranangsiang Bogor ke terminal di Bandung yaitu di terminal leuwipanjang. Senin pagi saya berangkat dari Bogor ke Bandung dengan bus MIG. Berbekal Rp. 50.000 saya berangkat ke Bandung. Macet, malah tidur di bus. Jarak tempuh yang biasanya hanya sekitar 3.5 jam, ditempuh total 6 jam!. Jadi berangkat dari Bogor jam 8 pagi baru nyampe jam setengah 3-an!.

Saya naik damri menuju sekitar stasiun Bandung. Buat jaga-jaga, kalau ternyata memang jalanan Bandung penuh sesak. Dan ternyata memang benar. Apalagi ada rencana Car Free Night disepanjang jalan Dago, yang membuat pengalihan arus, apalagi jam 3 sore!. Saya terlalu letih, dan nyeri di punggung kembali kumat. Tidak terlalu banyak foto yang saya ambil.

Tapi sebelumnya saya sudah menyiapkan rencana candangan, kalau waktunya tidak tepat dan saya tidak punya banyak kesempatan mengambil gambar di Bandung. Saya sudah pesan tiket kereta api dari stasiun Bandung ke Jakarta seharga Rp 90.000 dengan aplikasi ini.😀

Dan ternyata benar. Jalanan penuh sesak cukup bikin saya pusing. Yatapi karena namanya mlaku-mlaku, dijalanin saja sambil melihat sisi lain Bandung pada tanggal 31-12-2012. Saya pesan tiket Bandung ke Jakarta yang jam setengah lima sore di hari senin. Estimasi sampai setengah delapan di Jakarta.

Dan ternyata benar. Sesampainya di stasiun gambir, sudah jam delapan. Langsung saja saya mengikuti gelaran Car Free Night di sepanjang Medan Merdeka hingga jalan Sudirman. Oh ya, saya juga foto-foto disini. Bisa dicek di Instagram atau Flickr.

Camera 360

Soal Car Free night. Saya langsung jalan ke yang paling ujung dulu. Di jembatan Semanggi. Tapi akhirnya mentok di bunderan HI. Terlalu ramai. Oh ya saya tidak bisa menilai apakah Car Free Night dengan tajuk pesta rakyat ini sukses atau tidak. Saya tidak bisa membandingkannya dengan apa yang pernah dilakukan gubernur Jakarta Ali Sadikin pada tahun 1974 yang lalu.

Total biaya untuk mlaku-mlaku ini gak nyampai Rp 300.000, termasuk makan. Jadi ini salah satu trik backpaker menurut saya😀

Jadi, nikmati saja. Segelas bir dingin menjadi penutup tahun 2012 saya sambl edit segala foto yang saya sudah ambil sepanjang, Jakarta-Bogor-Bandung-Jakarta

Sudah 2013. Mlaku-mlaku berikutnya …