Pulang Basamo

Meskipun mudik tidak selalu identik dengan Ramadhan, tapi momennya menjadi besar di bulan itu. Hampir setiap tahun saya dan jutaan orang lainnya mengikuti yang namanya mudik ini. Meskipun tidak etiap tahun saya mudik ke kampung halaman saya di Padang, tapi saya pasti ingin mudik.

Apalagi mudik yang satu ini.

IMG_20130727_174126_1

Mengingatkan saya kembali akan sedikit cerita di masa lalu. Spanduk yang satu ini saya temukan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan.

“Pulang basamo” yang artinya mudik bareng. Momen pulang basamo yang paling terasa adalah disaat saya masih kuliah. Waktu itu saya punya kesempatan kuliah di Jogjakarta. Dan di tiga tahun awal kuliah, di setiap momen mudik, saya selalu mengikuti pulang basamo ini.

Perencana kegiatan ini tidak jauh-kauh dari perkumpulan mahasiswa Padang yang ada di Jogjakarta. Mulai dari asrama, hingga mahasiswa asli Padang yang kebetulan berada di satu universitas, meskipun berbeda fakultas.

Asiknya dimana?. Nambah teman, pastilah ya. Tapi perjalanan panjang selama 3 hari 2 malam yang bikin badan nyeri itu tidak terasa karena asiknya berbagi cerita. Eits, jangan salah dulu. Yang ikut pulang basamo ini gak cuma mahasiswa, tapi pedagang-pedagang yang juga mencari nafkah hingga ke Jogjakarta.😀

Jadi, bisa sekalian saling berbagi pengalaman dan cerita seru lainnya. Apalagi kalau mau jajan besok-besoknya, tinggal mampir di tempat orang Padang, lumayan dapat diskon.😀

Yup, setelah tiga tahun pertama saya di Jogja, saya tidak pernah lagi mengikuti momen “Pulang Basamo” ini. Satu per satu seperti tidak ada lagi teman-teman mahasiswa asal Padang yang mau menajdi pengurus. Bukannya enggak mau, tapi juga ada yang sebagian sudah lulus dan ada juga yang lagi sibuk mengerjakan TA (Tugas akhir mereka).

Saya lulus dari Jogja tahun 2010, dari tahun 2003, pertama kali saya ada di Jogja. Total, hanya sampai tahun 2006 saya menikmati “pulang basamo” ini. Setelah itu saya tidak pernah lagi menlihat atau mendapat kabar pulang basamo lagi.

Sampai pada tahun 2013 ini, ketika saya berada di tempat lain, saya melihat spanduk dari foto yang saya ambil tadi. Masih tersisa rindu “Pulang Basamo.”

Saya berharap kembali pulang ke Padang, dan memberikan satu momen tidak terlupakan untuk burufly melalui foto-foto menarik. Karena pada, Sumatera Barat Khususnya punya catata cerita menarik yang tidak akan terlupakan.🙂

Tinggalkan Balasan

