Warna-warni Jelang Piala Dunia 2014

Kan gini, semua fase untuk menuju piala dunia sudah dilewati.Play-off udah selesai dan tinggal duduk manis di Brazil tahun 2014 nanti. Namun, bakalan ada yang menarik ini jelang piala dunia nanti. Ada warna-warni dulu sedikit jelang piala dunia dimulai.  Apa tuh?

1. Bosnia. Negara yang baru saja selesai perang saudara dan entah karena masalah apa ini lolos ke piala dunia untuk pertama kalinya sob. Sekitar 20 tahun yang lalu negara ini masih porak poranda akibat perang, namun sekarang bangkit, salah satunya lewat sepakbola. Sebenarnya di era 90-an, Bosnia punya pesepakbola handal sik, Hasan Salihamidžić  (Bayern Muenchen dan Juventus) atau Sergej Barbarez (Dortmund, Hamburg dan Leverkuesen), adalah beberapa diantaranya.

Sekarang nama-nama seperti Edin Dzeko (Man City), Miralem Pjanić (As Roma) dan Asmir Begovic (Stoke City) adalah jagoan barunya. Bosnia yang berada di kualifikasi Grup G langsung menjadi juara grup dan lolos ke piala dunia untuk pertama kalinya dengan menyingkirkan salah satu langganan piala dunia Yunani. Bisa nggak ya kira-kira Bosnia bikin kejutan lebih lagi di piala dunia 2014, Brazil?

2. Leo Messi vs Crisitiano Ronaldo

Nah, ini dua nama yang dalam tiga tahun terakhir, selalu ramai diperbincangkan. Hal kecil apa pun antara dua pemain ini selalu jadi sasaran empuk oleh media apa pun. Dua nama tersebut sudah menjadi bagian dari negara mereka, Argentina, dan Portugal di piala dunia 2014 sik. Namun, mereka bakalan jadi bintang atau pecundang?, Lhah, Leo Messi misalnya di piala dunia 2010 gagal total bersama negaranya. Sementara itu Cristiano Ronaldo (CR7) juga setali tiga uang, gak bisa membawa prestasi indiividunya ke tim nasional.

Gimana dengan Piala dunia 2014?. Asalkan dua pemain ini gak cedera dan bisa jaga kebugaran tubuhnya, bakalan ada cerita berbeda dan menarik di piala dunia 2014 dari mereka berdua.

3. Kutukan Prancis. Siapa pun yang bakalan nonton kualifikasi kedua antara Prancis dan Ukraina yang dimenangkan tuan rumah dengan skor 3-0, pasti bakal gemes. Gol pertama Karim Benzema dinyatakan Offside, meskipun doi, gak Offside.

Gol Benzema yang dianggap Offside

BZdglTYCIAA49pO

Ironisnya gol Benzema yang berikutnya, dinyatakan sah, meskipun dalam posisi Offside. Nah, kenapa namanya kutukan?

Ceritanya, jelang piala dunia 2010, Prancis harus memainkan laga kualifikasi melawan Irlandia. Satu gol dari William Gallas, dimulai dari kontroversi Thierry Henry yang sengaja menyentuh bola dengan tangannya agar bisa memberikan umpan untuk Gallas. Gol Gallas disahkan dan membawa Prancis menuju Afrika Selatan 2010.

Hand ball Thierry Henry
Hand ball Thierry Henry

Namun cerita berbeda terjadi di Afsel. Prancis gagal lolos, dan parahnya selama turnamen Piala dunia 2010, Prancis dilanda perpecahan tim. Nah, karena ada kontroversi hati saat Prancis ngalahin Ukraina, apakah kutukan ini bakal berlanjut di Brazil 2014?

4. Gimana Inggris? Kompetisi sepakbolanya sih oke. Banyak pemain hebat yang main di Liga Inggris. Gaji gede, popularitas tinggi. Namun ada yang harus dibayar dari semua itu, tim nasional Inggris. Terakhir kali jadi juara di jaman jebot 1966. eh sekarang semacam jadi penggembira aja. Sekarang gimana Inggris? Masih jadi penggembira atau benar-benar bisa nunjukin kualitasnya yang setara sesuai dengan kompetisi Liga?

5. Algeria atau Aljazair. Ini adalah untuk empat  kalinya mereka ikut piala dunia setelah tahun 1982, 1986, 2010, dan sekarang 2014. Catatan terakhir mereka di piala dunai 2010, sebenarnya gak bagus, jadi juru kunci. Namun, pemain mereka yang sekarang seengaknya punya kualitas untuk bawa Algeria lebih baik, atau membuat kejutan layaknya Senegal di piala dunia 2002. Kualitas pemain macam Ishak Belfodil dan Saphir Taïder (Inter) kita-kira bisa bikin kejutan?.

6. Bintang baru. Nama-nama macam Neymar, Mario Balotelli, Keisuke Honda, Javi Martinez, Jack Wilshere kadang-kadang nyempil di antara Leo Messi dan CR7. Mereka jadi bintang baru?. Ah, piala dunia masih akan selalu menyimpan kejutan

Bintang baru dpiala dunia 2014?
Bintang baru dpiala dunia 2014?

Siapa yang jadi juara? Malaikat tau siapa yang jadi juaranya? Brazil jadi tuan rumah, pantes. Spanyol jadi juara bertahan, cukup pantes. Jerman punya tradisi di turnamen, pantes lah. Siapa lagi kira-kira?

2 tanggapan untuk “Warna-warni Jelang Piala Dunia 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s