Formasi Pilihan 2013

Kompetisi sepakbola Eropa rata-rata lagi pada libur Natal dan tahun baru. Jadinya mereka sekarang lagi santai kayak di pantai. Namun, tentunya dari dereten pesepak bola terserbut punya momen-momen mengesankan sepanjang tahun 2013. Diantaranya penampilan mereka sepanjang tahun 2013, khususnya untuk musim 2013/2014.

Nah saya mencoba untuk membuat formasi idaman berdasarkan pesepak bola yang punya penampilan bagus di setengah musim 2013/2014. Gak asal pilih, saya punya data. Datanya diambil dari dua website yang menampilkan data statistik pemain atau sebuah klub, yaitu Espn dan Whoscored dan tentu saja berdasarkan pengamatan saya menonton setiap pertandingan yang dilakoni pemain pilihan ini. Berikut pemain favorit yang saya pilih dengan formasi 4-3-2-1

Penjaga Gawang
Kenapa bukan Gianluigi Buffon yang menjadi penjaga gawang utama?. Menurut saya Manuel Neuer jauh lebih muda. Selain itu, penampilannya sejak membela Schalke 04 juga sudah bagus.

Pemain Belakang
Saya memilih duet Mehdi Benatia dan Mamadaou Sakho di lini pertahanan. Selain penampilan yang stabil data yang saya dapat dari Whoscored menunjukkan rata-rata melakukan intersep atau mencuri bola dengan halus dari para penyerang lawan sebanyak 2.4 pertandingan dari 10 laga yang sudah ia mainkan bersama Liverpool. Tidak hanya itu setiap saya menonton pertandingan Liverpool ia juga mampu menjadi komando pertahanan, mengalahkan bek-bek senior yang sudah lebih dahulu bergabung. Parist Saint Germain seharusnya menyesal melepas Sakho.

sumber : cinquequotidiano.it
sumber : cinquequotidiano.it

Mehdi Benatia pun begitu. Pertama kali main di As Roma, bek asal Maroko ini langsung nyetel. Rata-rata ia melakukan tackling sebanyak 2.1 kali di setiap pertandingan dan melakukan blok tendangan dari penyerang lawan sebanyak 0.7/pertandingan. Alasan lainnya dua bek ini masih berusia muda, Benatia masih 26 tahun dan Sakho masih 23 tahun.

Dua bek sayap, saya pilih pemain dari Tottenham. Di kiri saya pilih Jan Verthongen. Rata-rata pemain yang juga bisa bermain sebagai bek tengah ini melakukan 1.5 tackling dan 1.4 intersep di setiap pertandingan. Sementara itu bek kanan saya pilih Kyle Walker yang melakukan rata 2.2 tackle dan 2.3 intersep dari total 19 laganya bersama Tottenham sepanjang musim 2013.

Gelandang bertahan saya pilih Yaya Toure. Pembelian terbaik Manchester City hingga musim ini. Sebagai pemain yang punya perang menghubungkan aliran bola dari belakang hingga kedepan, rata-rata pemain memegang kendali 90 persen pengusaan bola. Meskipun berperan sebagai gelandang bertahan, Yaya sudah mencetak 9 gol dan tiga assist untuk Manchester City di Liga Inggris. Selain itu, ia juga bisa berperan sebagai gelandang tengah atau gelandang serang.

Gelandang Tengah. Joao Moutinho. Gelandang asal Portugal yang bermain di As Monaco ini menarik perhatian saat saya beberapa kali menonton pertandingannya bersama klub maupun tim nasional. Gerakannya eksplosif, bisa ada dimana saja. Data dari Whoscored menunjukkan ia sudah membuat 4 assist, dan mampu menguasai sekitar 87 % sebuah awal permainan tim.

Sumber : Beinsport.fr
Sumber : Beinsport.fr

Yohan Cabaye. Jadi pemain yang lumayan banyak diincar sebelum musim 2013/2014. Kontribusinya untuk Newcastle United yang paling kerasa. Kunci permainan tim dari Utara Inggris ini dipegang oleh sang pemain. Pemain timnas Perancis ini sudah mengoleksi 4 gol, 2 assist, dan memegang sekitar 80 % aliran bola untuk memulai mengatur permainan.

Gelandang Serang :

Mezut Ozil. Pantas saja pemain sekaliber Cristiano sempat dikabarkan marah besar pada manajemen Real Madrid saat menjual Ozil ke Arsenal. 9 assist, 4 gol dan total 14 tembakan ia buat untuk klub barunya, meriam London. Tidak hanya itu sepanjang pertandingannya bersama Arsenal yang saya tonton, ia punya pergerakan, kreativitas, dan visi yang benar-benar luar biasa sebagai seorang Playmaker.

Mesut-Ozil
Franck Ribery. Calon penyandang gelar Ballon D’Or ini punya gerakan-gerakan yang memang menakutkan. Itulah alasan kenapa saya memilihnya. Sebagai gelandang serang ia memang penuh inspirasi dalam sebuah tim. Total Ribery sudah membuat 41 kali percobaan tembakan, 7 assist, dan 6 gol sepanjang musim ini bersama Bayern Muenchen.

Penyerang

Cristiano Ronaldo. Ah yang satu ini udah gak usah dibahas. Namun ada yang berbeda dari CR7 musim ini. Ia punya gerakan yang lebih fleksibel, tidak hanya sebagai seorang predator di kotak penalti lawan, tapi ju memberikan assist. Mungkin pengaruh strategi Carlo Ancelotti juga kali. Kaki, kepala, teknik sepakbola semuanya bersatu padu pada CR7. 18 gol, 4 assist, dan 123 tembakan ke arah gawang lawan adalah salah satu buktinya.

Nah! Siapa pelatihnya?. Saya pilih Arsene Wenger (Arsenal). Sebenarnya nama Juergen Klopp (Borussia Dortmund) dan Sir Alex Ferguson (eks pelatih Manchester United ) masuk ke dalam pertimbangan. Namun, saya pilih Arsene Wenger karena satu alasan. Siapa pun pemain yang ada dalam timnya, secompang-camping apa pun kondisi timnya, ia punya prinsip sebagai pelatih, dan prinsipnya itu selalu berbuah positif.

arsene-wenger-arsenal

Sementara itu untuk pemain cadangan, berikut pilihan saya

Penjaga Gawang : Gianluigi Buffon (Juventus)

Bek tengah : Thiago Silva (PSG) dan Raphael Varane (Real Madrid)
Khusus untuk Varane, saya pilih karena masih muda, dan begitu kuat sebagai pemain belakang. Meski beberapa kali melakukan kesalahan, namun ia adalah bek masa depan dunia. Tacklingnya bersih, intersepnya bagus. Ia memang hanya baru bermain sebanyak 6 kali untuk Real Madrid di setiap kompetisi. Namun, pemain muda ini punya catatan bagus yaitu rata-rata 1.5 kali tackling dan 1.4 kali intersep saat berhadapan dengan penyerang lawan. Gerakannya juga bagus, bahkan lebih bagus dari dua seniornya di Madrid yiatu Pepe dan Sergio Ramos.

sumber : AP
sumber : AP

Dua bek sayap saya pilih Philip Lahm di kanan dan Leighton Baines di kiri.

Gelandang bertahan : Javi Martinez. Memang pemain asal Spanyol yang membela Bayern Muenchen ini sedang cedera. Namun, gerakannya, visi dan penyambung bola dari belakang yang ia miliki juga tidak kalah kelas dari Yaya Toure.

Gelandang tengah : Gareth Barry (Everton) adalah inspirasi yang luar biasa menurut saya. Meski disia-siakan oleh Manchester City, namun kemampuannya menguasai bola menurut saya bagus. Jika kunci permainan Inggris ada di tangannya saat piala dunia nanti, penampilan Inggris tentunya bisa lebih baik dari piala dunia sebelum-sebelumnya. Paul Pogba (Juventus) menyita perhatian. Masih muda, berbakat, sudah menciptakan 5 gol, 4 assist, dan rata-rata memegang 82 % pengendalian bola Juventus di lini tengah selama musim 2013. Manchester United mungkin menyesal melepas pemain timnas Prancis ini.

Sumber : http://static.sportskeeda.com/
Sumber : http://static.sportskeeda.com/

Gelandang serang. Saya menjatuhkan pilihan pada Andres Iniesta (Barcelona) dan Oscar (Chelsea)

Siapa pelapis Cristiano Ronaldo? Saya punya pilihan pada Luis Suarez. 19 gol, setengah musim 2013/2014? Pemain ini benar-benar berbahaya. 5 assist dan 77 kali tembakan ge arah gawang dari total 12 penampilannya bersama Liverpool musim ini. Predator yang sudah memakan lawan-lawannya, namun ia masih bisa konsisten di sisa musim 2013/2014? Atau saat nanti Liverpool tampil di kompetisi Liga Eropa, apakaH Suarez punya kemampuan yang luar biasa juga? Setidaknya hingga saat ini Suarez memang benar-benar pemain berbahaya.

Sumber : premierleague.com
Sumber : premierleague.com

 

2 tanggapan untuk “Formasi Pilihan 2013

Tinggalkan Balasan

