Saat Nyepi di Melinggih Kelod

Dulu pernah ke Bali, dalam rangka kerja, namun sekarang ke Bali dalam rangka-entah-mau-ngapain -sik-sebenarnya. Mendaratnya di Desa Melinggih Kelod, Gianyar, Bali. Masuk daerah Ubud sih. Itu lhoh, lingkungannya yang masih asri, atau kalau kamu pernah dengar sebuah perhelatan para penulis yang diberi nama Ubud Writer Festival, ini dia tempatnya.

Namun saya ndak menginap di resort-resort yang muncul namanya di laman mesin pencari  seperti Google atau Bing saat mengetik Melinggih Kelod. Depan rumahnya Pak Gempol ada pohon beginian. Sekilas tampak eksotis, mistis namun mirip dengan logo aplikasi edit foto populer bagi Android dan iOS yaitu Snapseed.🙂

WP_20140330_6210

Saya dan bersama tiga teman saya menginap di sebuah kosan milik Pak Gempol. Begitu ia disapa. Oiya momennya bertepatan dengan perayaan Hari Nyepi bagi masyarakat Hindu di Bali. Jadinya ngikutin deh beberapa upacara adat Ogoh-ogoh ini pada malam hari sebelum Nyepi.

WP_20140330_2025

Malamnya ada acara rakyat bola api, namun gak sempat ambil gambarnya. Malah diajakin main😀

Melinggih Kelod nama yang memang tidak terlalu familiar saat orang menyebut Kuta, Denpasar, Jimbaran, Pantai Sanur dan lainnya. Ini hanyalah desa biasa. Namun yang saya suka adalah hamparan hijaunya. Meski banyak kendaraan lalu lalang namun pemandangan sawah dan hijau nan sejuk layaknya desa terhampar disini.

WP_20140401_9288 WP_20140401_7538 WP_20140401_1627 WP_20140402_9073

Berpadu dengan budaya lokal yang masih terjaga, saya menikmati momen-momen sebelum dan sesudah perayaan Hari Raya Nepi bersama warga Melinggih Kelod. Memang sih belum tentu melihat sunset indah yang selama ini banyak orang dicari saat berkunjung ke Bali saat berada di tepi pantai, namun kamu bisa melihat sunset dibalik hamparan sawah sambil menyaksikan warga sekitar sedang beraktifitas. Pada saat malam hari dan jika langit  cerah, maka kamu akan melihat hamparan bintang lagit yang sedang mengedipkan cahaya indahnya di angkasa. 🙂

Beberapa tempat wisata yang sudah umum jika kamu berkunjung ke Melinggih Kelod diantaranya adalah Ubud (tentu saja), Kintamani, Blanco Museum, Museum Geopark, dan beberapa pura cantik tentunya. Nah, suka rafting? kamu bisa menikmati petualangan ini melalui Ayung Rafting.

2 tanggapan untuk “Saat Nyepi di Melinggih Kelod

  1. eaaa ke bali… ngikngukkngikk *oleh-oleh* hahahaaaa
    ikut merayakan nyepi dong?? sepii sepii senyapp nan syahdu haaiishh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s