Pelatih Muda Saat Piala Dunia

Hegemoni Piala dunia 2014 sudah muulai terasa. Maklum, sekitar sebulan lagi, pesta sepakbola besar antara negara seluruh dunia akan dimulai. Namun dibalik semua itu ada beberapa hal menarik yang sekiranya perlu saya ceritakan sebelum dimulainya pertandingan antara negara yang akan berlangsung di Brazil in.

Salah satunya adalah pelatih-pelatih dari negara peserta Piala Dunia 2014. Siapa sangka, meski harus menangani timnas sepak bola negaranya, terselip  pelatih-pelatih muda yang bersiap untuk menunjukkan kemampuan mereka meracik strategi untuk menghadapai lawan-lawannya. Saya mengambil deretan pelatih yang berusia dibawah 45 tahun sebagai pelatih muda yang akan memimipin timnya saat Piala Dunia 2014 nanti. Siapa saja mereka?

1. Paulo Jorge Gomez Bento. Masih berusia 44 tahun, namun saat perhelatan di Brazil nanti, pelatih ini akan berulang tahun yang ke 45 pada 20 Jni 2014.

Paulo Bento, pelatih Portugal
Paulo Bento, pelatih Portugal

 

Baru memulai petualangannya bersama timnas Portugal pada tahun 2010 sebagai pelatih kepala. Sebelumnya Bento pernah melatih klub Portugal Sporting CP dalam rentang waktu 2004 hingga 2009. Prestasi terbaiknya adalah membawa Portugal menadji semifinalis Euro 2012.

 

2. Sabri Lamouchi. Pelatih Pantai Gading ini berasal dari Prancis. Masih berusia 42 tahun! Semasa menjadi pesepak bola, ia pernah bermain untuk As Monaco, Parma hingga Inter Milan.

Sabri+Lamouchi+Algeria+v+Ivory+Coast+2013+V6aFctOHlxDl

 

Petualangannya sebagai pelatih dimulai pada tahun 2012 yang lalu. Menarik ditunggu apakah pelatih yang berposisi sebagai gelandang ini punya strategi jitu saat meredam lawan-lawannya di Piala Dunia nanti.

3. Hong Myung Boo. Belum terlalu banyak yang mengenalnya sebagai pelatih sepakbola Korea Selatan. Namun ia pernah menjadi asisten pelatih Guus Hiddink saat bertugas mengatur strategi klub sepak bola Rusia Anzhi Makhachkala.

South Korea's coach Hong Myung-Bo reacts during their 2012 London Olympic Games third qualifying round soccer match against Qatar at the Al-Sadd Stadium in Doha

Hong Myung Boo dipercaya menjadi pelatih sepakbola Korea Selatan untuk menggantikan Choi Kang-Hee yang dianggap gagal saat membawa perjalanan sepak bola Korea Selatan selama kualifikasi Piala Dunia 2014.

4. Didier Deschamps. Masih berusia 45 tahun. Namun mantan kapten timnas Prancis saat Piala Dunia 1998 ini sudah pernah melatih klub sepakbola seperti As Monaco, Juventus, hingga Marseille, sebelum ia melatih timnas Prancis pada tahun 2012 menggnatikan Laurent Blanc.

deschamps-equipe-de-france

 

Salah satu prestasi terbaiknya adalah membawa kembali Juventus yang sempat terdegradasi ke Seri-B kembali ke Seri A Italia pada tahun 2007. Pengalamannya dan kepemimpinannya diharapkan menjadi strategi yang baik untuk Timnas Prancis pada Piala Dunia 2014 nanti.

5.  Marc Wilmots. Sudah berusia 45 tahun. Mantan gelandang serang Belgia saat Piala Dunia 2002 ini adalah mantan asisten Dick Advocat saat menjadi peracik strategi Belgia dari tahun 2009 hingga tahun 2012.

Marc+Wilmots

 

Marc Wilmots yang pernah terjun ke dunia politik ini merupakan salah satu pencetus fondasi awal sistem pembinaan pemain muda bersama federasi sepakbola Belgia, sebelum akhirnya dipercaya menjadi pelatih tim utama timnas Belgia menggantikan George Leekens.

6. Niko Kovac. Mantan gelandang timnas Kroasia pada piala Dunia 1998 ini masih berusia 42 tahun! Namun ia sukses mengantarkan Kroasia sebagai salah satu negara peserta Piala Dunia 2014.

Croatia35

 

Perjalanannya sebagai pelatih dimulai saat menjadi pelatih klub akademi Red Salzburg di Austria, hingga akhirnya Niko Kovac dipercaya menggantikan Igor Stimca yang dianggap gagal memberikan kemampuan terbaiknya sebagai peracik strategi untuk Kroasia pada tahun 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s