Fitur Baru Instagram yang Dapat dimanfaatkan

IMG_2690

Instagram, aplikasi populer untuk berbagi foto baru saja memberikan update yang cukup besar bagi pengguna Android dan iOS, khususnya pada bagian explorer.

Saya bukan ahli brand tersohor di republik ini, namun update terbaru ini setidaknya dapat dijadikan acuan bagi para pemilik brand untuk mengenal karakterisitik foto pengguna Instagram di Indonesia. Update terbaru ini lebih fokus pada pada tampilan naru fitur pencarian.

IMG_2677Ada empat bagian yang kini dipisah oleh Instagram, Top, People, Tags dan Places.

1. Top.

Fitur ini akan menampilkan foto-foto terbaru dari akun Instagram yang sedang populer. Misalnya saat saya mengetikkan kata Jakarta. Maka akan muncul beberapa akun Instagram seperti ini

IMG_2687

Atau, saat saya mengetikkan kata kunci seperti travelling, maka akan muncul

IMG_2689Bagi para brand ini tentu saja akan membantu karakter foto seperti apa yang sedang tren di Instagram, sehingga proses enggagment dengan pengguna Instagram dapat diketahui. Tentu saja semua ini harus dilalui dengan proses kreatif ya, apalagi harus cocok dan sesuai dengan keinginan client.😀

2. People

Secara keseluruhan ini hampir sama dengan fitur lama mereka. Pencarian pemimlik akun Instagram tertentu yang mendapatkan perhatian, khususnya di media sosial. Ah! jangan lupa juga fitur ini bisa buat stalking seseorang.😛

3. Tags

Tags adalah nama baru dari Hastaghs pada iftur lama. Ya kata kunci yang biasa digunakan oleh brand untuk mengkampanyekan produk atau aktivasi program mereka. Soal akurasi, sepertinya masih sama saja. Misalnya sebagai penggemar streetphotography saya mencarinya dan hasilnya adalah :

IMG_2680Suatu saat nanti, Instagram mungkin perlu memperbaiki alogaritmanya tentang pencarian foto populer berdasarkan tagar ini.

4. Places

Lokasi memang menjadi salah satu faktor yang penting dalam media sosial atau mungkin bahasa keren para ahli adalah digital activation. Coba lihat pencarian yang coba saya lakukan berikut ini

IMG_2683IMG_2681Atau mari kita lihat salah satu yang cukup populer dari kepulauan seribu, Jakarta

IMG_2685

Nah! dari sini brand bisa mengetahui apa yang sedang digemari masyarakat Indonesia. Memang tidak jauh dari foto selfie, underwater, sunrise, sunset serta groufie dan welfie yang saat ini masih terus populer. Namun, sedikit usul saja sebagai insan kreatif tentunya harus bisa mencari celah yang berbeda. Foto di pulau nan cantik bukan berarti harus foto yang itu-itu saja, namun juga bisa mencari foto lain yang berbeda, dan menceritakan keseruan yang bisa didapat.

Bagi Instagram, fitur lokasi memang lebih ditujukan bagi traveler, namun para brand juga bisa memaksimalkan ini untuk mengetahui karakter pengguna instagram di seluruh Indonesia, karena Indonesia bukan cuma hanya Jakarta dan Bali kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s