Akurasi Mendapatkan Jodoh Melalui Perspektif Digital

IMG_2806

Dari dulu memang, beberapa teman sudah menyarankan saya untuk mengunduh aplikasi Tinder. Alasannya biar saya mudah jodoh. Namun, saya tidak pernah bergeming untuk mengunduh apa pun itu aplikasinya termasuk Tinder. Entahlah mungkin Twitter dengan algoritmanya cukup akurat memahami perasaan saya.

Twitter pernah menyebutkan bahwa agar tepat sasaran maka mereka akan menganalis Tweet promosi apa yang akan  direkomendasikan dalam linimasa pengguna, termasuk analisis yang dilakukan berdasarkan siapa saja yang di follow oleh pengguna tersebut.

Pun saya, sebagai pengguna Twitter saya tertarik mengikuti perkembangan teknologi seperti aplikasi dan gadget. Hingga pada suatu ketika, muncullah iklan Twitter ini setiap hari dalam linimasa saya.

IMG_2829

Copy yang ditulisa tidak hanya ini saja, namun berkaitan dengan “mencari pasangan” Bosan dengan munculnya iklan ini, akhirnya saya memilih untuk mengunduhnya, mencari tahu seperti apa akurasi aplikasi ini. Sebagai pembanding, saya juga mengunduh Tinder.

Sebagai yang pertama saya akan paparkan pengalaman saya menggunakan Tinder. Setelah login saya langsung bergerak ke arah ke kiri mencari fitur apa yang ditawarkan. Oh, ternyata ini saja.

IMG_2813

Kemudian, saya mencoba mencari kecocokan. Menurut teman saya, ada pilihan siapa teman yang kita pilih, berdasarkan usia, dan kategori lainnya. Hasilnya adalah:

IMG_2805

IMG_2804Tidak ada satu pun! Suram.

Wavoo. Konon aplikasi ini digarap oleh orang Indonesia. Sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Menurut saya, Wavoo adalah Tinder versi Indonesia. Setelah diunduh, ini tampilan pertamanya:

IMG_2806

Bergeser ke fitur yang ditawarkan, inilah hasilnya:

IMG_2809Encounters adalah daftar pengguna Wavoo yang bisa kita temukan secara langsung. Near me adalah fitur dimana penggunanya bisa menemukan langsung seseorang berdasarkan jarak lokasi yang bisa disesuaikan dan winked adalah ketika seseorang menyapa kita.

Begini hasil yang saya coba saat mencoba fitur Near me dalam jarak 40 km. Entah betul entah ndak, tapi fiturnya cukup asik.

IMG_2812Selain jodoh, tentunya kita bisa mendapatkan teman-teman yang baru (Kamu terlalu baik buat aku/kita temenan aja ya!-RED)

Meskipun menawarkan fitur yang berbeda, namun aplikasi ini memiliki persamaan. Pertama, sama-sama harus menggunakan akun Facebook untuk bisa memainkannya. Kedua, aplikasi ini harus mengaktifkan fitur lokasi. Ketiga, akan membuat jenis smartphone apa pun boros baterai, karena mengaktifkan fitur lokasi.

Lalu seberapa besarakurasi mendapatkan jodoh dari aplikasi ini. Banyak faktor tentunya. Selain menggunakan aplikasi ini, kita harus ketemuan, nonton bareng, selfie dan lain-lainnya. Namun saya percaya, bahwa akurasi mendapatkan jodoh sepenuhnya dapat dimulai dari…

*internet putus

Tinggalkan Balasan

