Roll Film Favorit

Btw, saya masih memotret dengan kamera SLR alias analog. Intinya motret pake kamera dengan roll film yang diisi ulang. Trus, buat motretnya harus dikokang. Jaman dahulu emak-bapak kita bilangnya tustel.

Tapi saya bilang aja ini adalah kamera SLR. Secara keseluruhan di generasi yang serba instan ini, kamera SLR mungkin gak terlalu favorit. Hanya sekumpulan orang yang mungkin masih menggunakannya dan terlacak melalui tagar Instagram.

Kali ini cuma pengen nulis aja, kalau roll film favorit saya itu apa aja. Hampir dalam dua atau kira-kira tiga tahun terakhir saya sudah mencoba menggunakan beberapa roll film.

 

img_0089

 

Ini peluru saya yang masih tersisa saat ini. Gak tahu juga tumben masih banyak. Biasanya sebulan bisa ngabisn dua roll. Ini udah hampir dua setengah bulan, gak habis-habis. Lagi gak mood buat motret. Tapi pengen motret. Ya cuma buat nge-reframe beberapa momen aja.

 

“Karena memang satu momen gak bisa diulang lagi. Atau mungkin gak pernah terjadi lagi”

Awal-awal motret, roll film saya didominasi dengan Kodak dan Fuji Superia. Rata-rata semuanya udah expired. Baru deh dua tahun terakhir saya mulai rajin-rajin cari distributor. Mulai dari Nci.Nci di Pasar Baru, sampai cari-cari komunitas.

Dapetnya tetap ya Kodak terus.

Pas lagi pasang tracker di beberapa komunitas barulah dapat pencerahan lain seperti Kodak (lagi) Ektar, Fuji (lagi) tapi Industrial. Terus yang terakhir mulai dapat Agva Vista yang dari Jerman.

Yang menengah-menengah aja, lagian siapa lah saya. Motret juga cuma buat nge-reframe doang.

Dari sekian roll film yang sudah dicoba hingga saat ini, yang jadi favorit adalah Fuji Industrial dan Agva Vista.

 

Ini contoh dari Fuji Industrial, yang saya ambil dari tempat berdiri cuma buat nge-reframe..

 

04500027

 

Saya suka kualitasnya meskipun ber-ASA 100. Tapi berkat gitak-gituk dan berdasarkan memori aja, saya jadi dapat warna yang beginian.

Selanjutnya, ini contoh dari Agva Vista. Saya lupa ASA berapa.

00190022

 

00170002

Dan terakhir, ini conto dari Kodak Ektar. Salah satu favorit saya dari lini Kodak.

 

01360027

Diambil dengan kondisi low light, dan saya gak pakai flash sama sekali.

Jadi gitu. Lini roll film favorit saya. See you at another time!

 

Tinggalkan Balasan

